Selamat Datang

Selamat datang Saudara-saudaraku semuanya di blog "Puja-Puji" ini. Selamat menikmati, mencermati, dan mengoreksi sajian yang saya tampilkan dalam blog ini. Sekiranya Saudara berkenan memberi kritik, saran, komentar, dan masukan apa pun terhadap tampilan blog ini tentu saya merasa senang, bangga, dan terhormat, agar terjadi komunikasi dua arah. Silakan menuliskannya di tempat yang telah disediakan. Salam kami.

Kamis, 29 Juli 2010

Adibahasa 2007

Kalteng Terbaik Nasional Adibahasa 2007 PDF Cetak E-mail
Penghargaan Bulan Bahasa dan Sastra 2007
Kalteng Terbaik Nasional Adibahasa
ATN-Center - Provinsi Kalimantan Tengah dinobatkan terbaik pertama nasional penerima Penghargaan Adi Bahasa tahun 2007 oleh Pusat Bahasa, karena dinilai paling tertib dalam menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik. Posisi terbaik ini berhasil mengungguli 32 provinsi lainnya di tanah air.
Penganugerahan ini dilakukan dalam rangka puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2007 yang berlangsung di Pusat Bahasa Jakarta 4 - 8 November 2007 lalu.
      Keberhasilan Bumi Tambun Bungai meraih peringkat pertama itu, setelah melalui tahapan penilaian juri yang meliputi pemakaian bahasa di jalan-jalan protokol, tempat-tempat strategis, serta pemakaian bahasa pada papan nama, pusat perbelanjaan, perumahan, tempat usaha, perhotelan, papan petunjuk wisata dan lalu lintas serta baliho.
      Menurut Kepala Balai Bahasa Kalteng, Drs Puji Santosa MHum, jika dibandingkan dengan Provinsi lain, Kalteng sangat layak meraih predikat Adi Bahasa.
      Menurutnya, penilaian terhadap Kalteng itu, bukan hanya sebatas penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik saja, namun meliputi beberapa dokumentasi yang ditulis oleh Pemerintah Provinsi, produk-produk hukum, Peraturan Daerah (Perda), termasuk penilaian penggunaan bahasa Indonesia dikalangan media, baik elektronik maupun cetak.
     “Sangat layak bagi Kalteng untuk menduduki peringkat pertama. Semoga Kalteng di tahun depan masih di urutan pertama lagi, karena kalau berturut-turut menduduki urutan pertama, akan memperoleh piagam Adi Bahasa yang di tahun 2008 mendatang akan diserahkan langsung oleh Presiden,” katanya.
      Untuk dapat mempertahankan predikat itu, menurut Puji, pihaknya akan terus menggugah kesadaran masyarakat khususnya di Kalteng, untuk berpartisipasi dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik di ruang-ruang publik maupun penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui media massa.
       Menurutnya, sentuhan bahasa media massa juga dinilai penting, karena media massa merupakan media pembelajaran dalam pembentukan sikap dan prilaku masyarakat dalam berbahasa. “Mungkin juga nanti dalam bentuk kampanye-kampanye penggunaan bahasa Indonesia, ataupun kegiatan lain yang dapat menggugah masyarakat dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” katanya.
      Provinsi yang dinilai menggunakan bahasa Indonesia di ruang publik dengan baik, selain Kalteng, ada Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Jawa Barat, Banten, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Timur, Kepulauan Riau dan DKI Jakarta.
       Selain penganugerahan Adi Bahasa 2007, dalam Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2007, Pusat Bahasa Depdiknas juga memberikan penghargaan kepada 10 media massa sebagai media massa yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik.
       Peringkat pertama hingga sepuluh itu, Koran Tempo, Kompas, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Seputar Indonesia, Pikiran Rakyat, Solo Pos, Suara Merdeka, Indo Pos dan Republika.
       Sumber : http://www.atn-center.org/
       Sabtu, 24 November 2007

Tidak ada komentar: